Daya Serap Terendah Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2011
Hasil Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia SMP tahun 2011 menunjukkan hasil di luar dugaan. Secara nasional, nilai rata-ratanya justru paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, yaitu 7,12. Sedangkan, nilai rata-rata untuk mata pelajaran Bahasa Inggris sebesar 7,52, Matematika = 7,30, dan IPA = 7,41. Meskipun demikian, untuk Provinsi Jawa Tengah menunjukkan hasil sebaliknya. Rata-rata nilai UN Bahasa Indonesia SMP tahun 2011 masih yang tertinggi, yaitu 7,24. Sedangkan, nilai rata-rata untuk mata pelajaran Bahasa Inggris sebesar 6,49, Matematika = 6,29, dan IPA = 7,02.
Berikut adalah screenshot perbandingan nilai hasil UN tahun 2011 yang saya ambil berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Balitbang Kemdiknas.
Adapun perbandingan daya serap nilai UN Bahasa Indonesia SMP tahun 2011 secara nasional dan Jawa Tengah dapat dilihat pada tabel berikut.
No. | Kemampuan Yang Diuji | Nas. | Prov. |
1 | Melengkapi teks pidato yang rumpang. | 37,68 | 32,06 |
2 | Menentukan gagasan utama tajuk. | 40,12 | 45,48 |
3 | Memperbaiki pilihan kata yang salah dalam paragraf. | 43,07 | 38,81 |
4 | Menentukan rangkuman bacaan. | 47,10 | 51,14 |
5 | Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel. | 48,23 | 51,60 |
6 | Memperbaiki penulisan huruf. | 50,09 | 36,15 |
7 | Menentukan misi/tujuan puisi. | 54,03 | 57,88 |
8 | Menentukan persamaan isi berita. | 54,07 | 56,20 |
9 | Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang. | 55,61 | 63,60 |
10 | Menentukan isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi. | 56,44 | 57,51 |
11 | Menentukan latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah. | 59,29 | 60,24 |
12 | Menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi. | 60,01 | 62,33 |
13 | Menentukan sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen. | 60,28 | 52,29 |
14 | Menentukan penulisan daftar pustaka. | 61,12 | 60,70 |
15 | Memperbaiki bagian surat resmi yang tidak tepat. | 62,41 | 65,47 |
16 | Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang. | 63,73 | 65,50 |
17 | Menentukan perbedaan penyajian berita. | 64,69 | 70,12 |
18 | Memperbaiki kalimat tidak efektif dalam paragraf. | 65,05 | 64,67 |
19 | Melengkapi puisi dengan larik bermajas. | 65,35 | 59,98 |
20 | Menentukan dua kalimat pendapat pada paragraf. | 66,19 | 68,10 |
21 | Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel. | 67,24 | 66,31 |
22 | Menentukan latar (waktu, tempat) dalam kutipan drama. | 71,66 | 78,64 |
23 | Menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta/denah. | 72,10 | 76,22 |
24 | Menentukan gagasan utama. | 72,77 | 70,43 |
25 | Menyusun deretan kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak. | 73,00 | 75,19 |
26 | Menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam tabel. | 76,02 | 81,97 |
27 | Melengkapi pantun yang rumpang. | 76,62 | 78,79 |
28 | Melengkapi bagian surat pribadi yang rumpang. | 77,05 | 85,69 |
29 | Menentukan tema puisi. | 79,71 | 78,76 |
30 | Menentukan bukti perwatakan tokoh dalam penggalan cerpen. | 80,10 | 82,60 |
31 | Menentukan kalimat fakta dalam tajuk. | 80,19 | 78,67 |
32 | Menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi. | 80,66 | 83,96 |
33 | Menentukan suasana yang tergambar pada puisi. | 81,04 | 78,49 |
34 | Menentukan kalimat utama. | 81,35 | 86,94 |
35 | Melengkapi kutipan dialog drama yang rumpang. | 81,76 | 81,58 |
36 | Menentukan keberpihakan penulis tajuk. | 82,79 | 82,14 |
37 | Menentukan bagian-bagian dalam teks pidato. | 83,18 | 83,10 |
38 | Menentukan rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema. | 83,33 | 85,43 |
39 | Menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) dalam penggalan cerpen. | 83,66 | 86,46 |
40 | Menentukan kalimat fakta dalam paragraf. | 83,78 | 84,44 |
41 | Menentukan simpulan isi paragraf. | 84,70 | 83,61 |
42 | Melengkapi pesan. | 84,84 | 83,02 |
43 | Menentukan kritik terhadap isi bacaan. | 85,66 | 85,51 |
44 | Menentukan kalimat dalam buku harian sesuai dengan ilustrasi. | 86,11 | 90,76 |
45 | Menentukan amanat dalam kutipan drama. | 86,79 | 85,19 |
46 | Melengkapi kalimat rumpang dalam petunjuk melakukan sesuatu. | 88,21 | 94,38 |
47 | Menyusun deretan kalimat menjadi paragraf yang padu. | 89,31 | 92,19 |
48 | Menentukan simpulan isi grafik/tabel/bagan/ denah/peta. | 89,88 | 89,17 |
49 | Menentukan citraan dalam puisi. | 90,16 | 92,45 |
50 | Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan. | 92,10 | 95,22 |
Berdasarkan data tersebut, ada 25 soal yang daya serapnya di bawah 75%. Adapun 25 soal yang daya serapnya tergolong rendah berkaitan dengan kemampuan berikut ini.
Iseng-iseng saya mencari 25 butir soal UN Bahasa Indonesia SMP tahun 2011 yang secara nasional daya serapnya paling rendah (di bawah 75%) yang saya ambilkan dari Paket 12 berikut ini.
1. Melengkapi teks pidato yang rumpang (daya serap: 37,68%)
37. Bacalah kutipan pidato berikut!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalah …
A. Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran buku ini.
B.Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
C. Demikian sambutan dari saya selaku Ketua Panitia semoga pameran buku ini bermanfaat
D. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan OSIS dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.
2. Menentukan gagasan utama tajuk (daya serap: 40,12%)
Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24
dan 25!
Pundi-pundi kas negara kini mencapai 156 triliun per 7 Mi 2010. Surplus APBN merupakan gabungan antara pendapatan dari sektor perpajakan ditambah dengan penarikan pinjaman kemudian dikursmgj dengan belanja. Meski demikian, surplus ini bukanlah hal yang rnembanggakan, sebab rendahnva penyerapan belanja yang menyebabkan fungsi anggaran sebagai pendorong perekonomian tnenjadi kurang efektif.Guna mendorong kualitas penyerapan anggaran, Kementerian Keuangan akan menerapkan mekanisme reward and punishment. Artinya, bagi lembaga yang tidak bisa menyerap anggaran dengan baik pada 2010, maka pagu anggaran untuk 2011 akan dipotong. Lambatnya penyerapan anggaran selama mi menunjukkan belum seriusnya pemerintah dalam mencari solusi. Untuk membantu kelancaran penyerapan anggaran ini, proses administrasi yang terlalu berbelit-belit harus disederhanakan. |
24. Gagatan utama tajuk tersebut adalah ….
A. Pundi-pundi kas negara kita sedang mengalami kenaikan puncak pada tanggal 7 Juli 2010
B. Surplus APBN didapat dari sektor perpajakan ditambah dengan penarikan pinjaman
C. Pemerintah memberlakukan rnekanisme reward and punishment pada tahun anggaran 2011
D. Upaya penyederhanaan proses administrasi perlu dilaksanakan demi cepatnya penyerapan anggaran
3. Memperbaiki pilihan kata yang salah dalam paragraf (daya serap: 43,07%)
30. Bacalah paragraf berikut!
Grup mahasiswa kedokteran akan melakukan ujicoba di posko-posko bencana banjir yang tersebar di beberapa RW. Mereka juga membawa obat-obatan yang disumbangkan oleh pemilik apotek terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah. |
Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah …
A. tim, praktik, penderitaan
B. tim, tugas, penderita
C. kelompok, praktik, menderita
D. kelompok, tugas, penderitaan
4. Menentukan rangkuman bacaan (Daya serap: 47,10%)
44. Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Buah tomat merupakan buah yung sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkun tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kotera, dan serangan empedu.
Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau diracik menjadi masakan pun mampu membius para penikmatnya. Di Perancis, tomat disebut pomme d’amour atau apel cinta. Jika ingin sehat dan bebas dari kanker, cobalah rutin mengonsumsi “Si apel cinta”.
Rangkuman yang tepat bacaan tersebut adalah …
A. Tomat buah sarat khasiat dan lezat disantap.
B. Buah tomat atau apel cinta dapat mencegah penyakit kanker.
C. Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaat bagi penderita penyakit.
D. Buah tomat selain mencegah juga mengobati berbagai penyakit.
5. Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel (daya serap: 48,23%)
12. | Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah ….
|
6. Memperbaiki penulisan huruf (daya serap: 50,09%)
31. | Tujuan ekonomi indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat indonesia.Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah … | |
A. | Tujuan Ekonomi Indonesia adalah Keadilan Sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. | |
B. | Tujuan Ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh Masyarakat Indonesia. | |
C. | Tujuan ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh Masyarakat Indonesia. | |
D. | Tujuan ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. |
7. Menentukan misi/tujuan puisi (daya serap: 54,03%)
Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16!
|
16. Tujuan dan kutipan puisi tersebut adalah …
A. Mendorong setiap orang untuk selalu ikhlas bekerja keras dan tahan uji.
B. Memberikan semangat agar pantang menyerah,penuh kasih dan percaya diri
C. Mendorong setiap orang untuk selalu peduli, percaya diri dan adaptif.
D. Mengajuk untuk maju, tahaun uji, punya sernangat hidup dan adaptif.
8. Menentukan persamaan isi berita (daya serap: 54,07%)
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Teks 1
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar 3 miliar rupiah dianggarkan untuk sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan unggas milik mantan Gubernur DKI di rumah dinasnya.
Teks 2
Setelah burung dan unggas milik mantan Gubemur DKI, Sutiyoso, hari ini giliran burung milik para menteri di Kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendapat sertifikasi sehat. Petugas akan mendatangi kediaman Aburizal. Burung yang akan diperiksa adalah burung nuri kepala hitam.
4. Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut adalah ….
A. dana untuk sertifikasi unggas
B. pemeriksaan terhadap kesehatan unggas
C. kompleks para menteri mendapat giliran pemeriksaan
D. pemerintah DKI Jakarta melakukan pemeriksaan unggas
9. Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang (daya serap: 55,61%)
42. Bacalah kutipan surat berikut!
[….]Sehubungan dengan itu, kami mohon bantuan pinjaman alat-alat P3K lengkap untuk menunjang kegiatan tersebut, yang kami rencanakan pada hari, tanggal: Jumat, 6 Agustus 2010 pukul: 07.30-10.30 tempat: Gedung Serbaguna SMP DiponegoroAlat yang kami pinjam tersebut akan kami kembalikan sehari setelah kegiatan berlangsung. Jika terjadi kerusakan atau kehilangan alat yang kami pinjam, kami bersedia menggantinya. |
Bagian yang tepat untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah
A. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kegiatan kemah bagi anggota baru PMR.
B. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan PMR kepada anggota baru agar memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar tentang PMR.
C. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kunjungan kerja PMR dengan anggota baru ke Dinas Kesehatan agar memiliki pengctahuan dan kemampuan dasar tentang PMR.
D. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan seminar PMR
10. Menentukan isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi (daya serap: 56,44%)
50. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan gotong royong pada hari Sabtu dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional. Wali kelas menugasi ketua kelas untuk menginformasikan hal tersebut pada teman-teman sekelasnya.
Isi memo wali kelas yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Sampaikan pada teman-temanmu hari Sabtu harap membawa peralatan kebersihan untuk membersihkan kelas.
B. Kepala sekolah menugasi saya untuk melakukan gotong royong, maka saya menugasi kalian semua.
C. Ketua kelas harap melaksanakan gotong royong dalam rangka mempersiapkan ujian, agar kelas terlihat bersih dan rapi.
D. Dalam rangka persiapan pelaksanaan ujian, saya sebagai wali kelas menugasi ketua kelas untuk gotong royong.
11. Menentukan latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah (daya serap: 59,29%)
27. Cermatilah identifikasi masalah berikut!
Identifikasi masalah : 1. Internet di kaJangan para pelajar 2. Pemanfaatan mtemet_dalani pembelajaran. |
Paragraf latar belakang yang tepat sesuai identifikasi masalah tersebut adalah …
A. Internet saat ini dapat diakses dengan mudah dan murah. Mereka yang haus informasi dapat mencarinya dari telepon genggam. Kemudahan ini sekaligus sebagai penambah pengetahuan. Dengan demikian pengctahuan siswa akan didapat dari mana saja.
B. Pelajar banyak yang nienggunakan internet. Pengctahuan yang diakses dari internet sangat bermanfaat untuk belajar di sekolah maupun di rumaJt. Pengetahuan lidak harus didapat dari guru di sekolah saja.
C. Salah satu media massa yang poputer saat ini adalah internet, termasuk di kalangan pelajar. Mereka bebas mengakses lagu, gambar, dan berbagai informasi. Jika tidak difasilitasi, berdampak buruk bagi pelajar. Oleh karena itu, di perl ukan pendekatan yang tepat kepada siswa daiam pemanfaatan internet.
D. Internet bukan merupakan hal baru. Namun. jika penggunaannya tidak benar, dikhawatirkan mereka akan mengakses hal-hal yang bersifat ncgatif. Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
12. Menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi (daya serap: 60,01%)
34. | Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
Sudut pandang kutipan cerpen tersebut adalah .… 14. Menentukan penulisan daftar pustaka (daya serap: 61,12%)
Bentuk penulisan daftar pustaka yang tepat untuk kedua buku tersebut adalah … B. Arifin, E. Zainal, 1987, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. C. Arifin, E. Zainal. 1987. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta : PT Mediatama Sarana. D. Arifin E., Zainal. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. 1987. Jakarta : PT Mediatama Sarana. 15. Memperbaiki bagian surat resmi yang tidak tepat (daya serap: 62,41%)
Perbaikan yang tepat surat tersebut adalah …. B. No. (l) 27 0ktober 2009 C. No. (1) Samannda, 27-10-2009 D. No. (1) 27-10-2009 16. Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang (daya serap: 63,73%) 42. Bacalah kutipan surat berikut!
Bagian yang tepat untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah 17. Menentukan perbedaan penyajian berita (daya serap: 64,69%)
18. Memperbaiki kalimat tidak efektif dalam paragraf (daya serap: 65,05%) 29. Menurut berita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah banyak sekali. Berita tentang banyaknya korban flu burung dilansir oleh harian terkemuka di Jakarta. Perbaikan kalimat pertama agar menjadi kalimat efektif adalah …. 19. Melengkapi puisi dengan larik bermajas (daya serap: 65,35%)
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah …. 20. Menentukan dua kalimat pendapat pada paragraf (daya serap: 66,19%)
Kalimat pendapat pada paragraf tersebut ditandai nomor …. 21. Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel (daya serap: 67,24%)
22. Menentukan latar (waktu, tempat) dalam kutipan drama (daya serap: 71,66%)
Latar tempat kutipan drama tersebut adalah …. 23. Menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta/denah (daya serap: 72,10%)
Jika Amin tinggal di perumahan Permata Hijau, maka perjalanan paling efektif menuju KPU adalah …. 24. Menentukan gagasan utama (daya serap: 72,77%)
Gagasan utama paragraf tersebut adalah …. 25. Menyusun deretan kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak (daya serap: 73,00%)
Urutan petunjuk menyalakan televisi yang tepat adalah …. Kesimpulannya? Rekan-rekan sejawat pasti sangat paham untuk bisa menyimpulkan sendiri ketika peserta didik dihadapkan pada soal-soal semacam itu. Yang memerlukan file soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2011 paket 12, 25, 39, 46, dan 54 bisa mengunduhnya di sini. *** |
Link to full article
Comments
Post a Comment