Riset, Diskusi Teknis, dan Hal-hal Terkait

Saat ini saya dan kawan-kawan sedang berdiskusi tentang pekerjaan yang sangat kental nuansa teknisnya. Diskusinya sebetulnya lebih mirip ke diskusi riset yang dilakukan di research center di luar negeri. Kami berdebat tentang masalah teknis.

Saya menyukai hal-hal yang seperti ini karena menstimulasi (challenge) kemampuan intelektual. Kita selalu diasah dengan pertanyaan atau permasalahan yang baru dan seru. Sering kali kita menemukan masalah yang belum tahu jalan keluarnya. Bisa jadi karena kemampuan sumber daya yang kita miliki terbatas (misalnya, butuh 1000 server untuk memproses datanya) atau memang karena masalah yang dihadapi sangat sulit (kompleksitas atau big-Oh nya eksponensial).

Seringkali kita juga harus melihat (membaca) makalah teknis. Ada teori yang harus dipelajari juga. Bahkan juga harus lari ke teori matematis.

Yang susah juga adalah mencari orang-orang yang mau dan mampu untuk diajak berdiskusi. Ini bukan diskusi b*llsh*t mau cari muka, tetapi benar-benar mengadu ide untuk mencari solusi. Seru!


Filed under: Penelitian Tagged: penelitian, postaday2011, riset
Link to full article

Comments

Popular posts from this blog

Kesulitan Startup Hardware